Mencicipi Buah Plum

Saudi adalah salah satu negeri yang dibanjiri dengan buah-buahan impor, tak hanya buah lokal yang kita kenal di Indonesia, namun juga buah asing dari daerah 4 musim. Buah yang menarik perhatianku adalah buah kiwi, apricort dan plum. Ketika di Indonesia, buah-buahan tersebut serasa jauh dari kantong karena harganya yang gak ketulungan dengan dompet orang Indonesia rata-rata, tapi anehnya, ketika buah tersebut nyampe di Saudi, terasa lebih murah jika dibandingkan dengan harga penjualannya di Indonesia. Kenapa yaa…?? 


Pertama kali mencicipi buah plum adalah ketika seorang saudara membawakan oleh-oleh berupa permen plum, sepertinya plum yang dikeringkan dan diawetkan serta dibuat manisan. Rasanya enak, manis…walau pertama kali kena di lidah berasa asing banget. 
Kedua kalinya, ketika berkunjung ke rumah salah seorang teman di Saudi, beberapa hari lalu. Tapi yang kuicipi saat itu mungkin buah plum yang kualitasnya kurang bagus, sehingga berasa asrep dan agak asem… 
Ketiga kalinya saat berbelanja di mall, setelah kunjungan tadi…kutemukan rak yang memajang buah plum dan buah apricort berdampingan. Itung…itung…itung… buah plum dulu yang kujadikan sasaran icip-icip. Setengah kilogram, dapat 15 buah, harganya sekitar 4,95 real. Bandingkan dengan harga pasaran di Indonesia yang mencapai Rp 30.000,00 per dua buah (sumber:www.situshijau.co.id). Selama di Indonesia, aku sendiri belum pernah menjumpai penampakan buah ini berpose di etalase mall di kotaku. 
Plum yang kubeli adalah jenis red plum, besarnya sedang sebesar bola pingpong. Rasanya…?? Mmm… manis ternyata!! Buahnya berdaging banget, rasanya seperti buah manggis, namun berasa lebih manis dengan aroma yang khas dan daging buahnya yang tebal.
Bijinya seperti biji sawo, bentuk maupun kerasnya namun berwarna kecoklatan dan permukaannya kasar.
 buah plum utuh buah plum dibelah 
Katanya sih banyak manfaatnya.. baca selengkapnya di sini, namun…bagi kita orang Indonesia yang serasa jauh banget sama buah ini baik fisik maupun harganya…kayaknya mending cari alternatif buah lain untuk menggantikan manfaatnya. Yang penting bagi kita kalau sempat mencicipi buah ini adalah untuk membunuh rasa penasaran dan menambah pengalaman merasakan buah-buahan asing … akur???

Panda Plum

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

2 komentar: